Monday, September 26, 2011

PERJALANAN ZIARAH WALI SONGO JAMA'AH THORIQOH CUKIR JOMBANG


ZIARAH KE MAKAM SUNAN MURIA

Makam Sunan Muria terletak di desa Colo,Kudus,Jawa tengah.Setelah dari makam Sunan Bonang,kami melanjutkan perjalanan menuju Jawa tengah.Kami meninap di penginapan di Lasem,Jawa tengah.Karena untuk melanjutkan perjalanan ke makam Sunan Muria pada malam hari adalah sangat rawan,karena jalannya sangat ebrkelok.Ya maklum aja,daerah pegunungan.Enak sekali tempat penginapan di Lasem yang kami tempati untuk menginap.Tempatnya luas,kamar mandi nya banyak dan ada rumah makan nya.Jadi kalau mau nyari makan atau beli makanan apa aja,gampang.Kami tiba di penginapan di Lasem pada pukul 23.30 wib.Capek sekali arsanya melakukan perjalanan seharian.Tapi kami tetap bersemangat untuk melanjutkan perjalanan ke makam Sunan Muria besok pagi.Banyak para ibu-ibu yang langsung tidur sesampainya di penginapan.Ada juga ibu-ibu yang sakit.Ibu yang sakit tersebut di obati oleh Gus Rofiq Rifa’i.Gus Rofiq Rifa’i memang terkenal dengan
keahliannya menyembuhkan penyakit.Walau beliau sendiri tidak mengakui akan keahliannya tersebut.Beliau memang memiliki kepribadian yang seperti Abahnya,mbah Kyai Rifa’i Marzuqi (Almarhum).Beliau sangat rendah diri.Setelah di obati Gus Rofiq,Alhamdulillah ibu yang sakit tadi bisa sehat lagi.Kami semua di suruh oleh panitia untuk istirahat,karena besok pagi harus melanjutkan perjalanan ke makam Sunan Muria yang letak nya masih agak jauh dari tempat kami menginap.
Pada pagi harinya,setelah kami semua sholat subuh,banyak jama’ah yang sarapan pagi di rumah makan di penginapan tersebut.Karena di penginapan tersebut memang ada rumah makannya.Setelah semua sudah beres,kami langsung melanjutkan perjalanan ke makam Sunan Muria di Colo,Kudus ,Jawa Tengah.Medan yang kami lalui sangat berat,karena kontur tanah nya naik turun,namanya juga pegunungan ya naik turun jalannya.Alhamdulillah,bis yangs aya naiki tidak mengalami masalah sampai di tempat parkir bis di atas.Ada bis nomer 2 yang mengalami masalah.Tapi itu gak berlangsung lama.Setelah ke 3 bis sudah berkumpul,kami semua langsung naik ke makam Sunan Muria.Untuk naik ke makam Sunan Muria,kami naik ojek.Ada juga jama’ah yang gak berani naik ojek,sehingga mereka jalan kaki.Saya,bapak saya dan ibu saya naik ojek.Ongkos naik ojek Rp 7.000,-.Saya sebenarnya takut naik ojek.Serem banget naik ojek ke  atas ke makam Sunan Muria.Tapi bagaimanalagi,gaka da pilihan lagi bagi saya.Ya terpaksa saya harus naik ojek.Selama di perjalanan,saya pegangan kuta pada tukan ojek nya.Karena kalau gak pegangan,takut jatuh.Jalan yang di lalu untuk sampai ke makam Sunan Muria sangat berliku-liku dan menanjak.Mata saya gak beranis aya buka waktu di bonceng tukan ojek.Di hati sayaterus membaca sholawat.Semoga saya dan seluruh jama’ah selamat sampai tujuan.Alhamdulillah seluruh jama’ah selamats ampai di tujuan.Setelah jama’ah sudah berkumpaul,kami langsung masuk ke makam Sunan Muria.Sudah banyak peziarah yang berada di makam Sunan Muria.Setelah kami sudah selesai bermunajat di makam Sunan Muria,kami langsung  turun menuju tempat parkir bis.Sebelum kami saya sampai di tempat parkir bis,saya mengajak ibu dan bapak saya sarapan.Karena dari pagi saya belum sarapan.Kami sarapan di warung makan.Ada juga ibu-ibu yang mebeli nasi bungkus untuk di makan di bis.Setelah selesai sarapan,kami langsung ke bawah untuk mencari bis kami.Akhirnya denagn mudah saya menemukan bis kami.Setelah semua para jama’ah sudah lengkap,perjalanan di lanjutkan lagi menuju makam Sunan Kudus di Kudus,Jawa Tengah. Lihat postingan saya sebelumnya

No comments:

Post a Comment