Tuesday, September 27, 2011

PERJALANAN ZIARAH WALI SONGO JAMA'AH THORIQOH CUKIR


ZIARAH KE MAKAM SUNAN KUDUS
Kami menuju bis kami masing-masing setelah kami semua selesai bermunajat di makam Sunan Muria.Saya sama ibu dan bapak saya sarapan di warung yang letaknya di tengah-tengah perjalanan dari makam Sunan Muria menuju tempat parkir bis.Murah sekali harga makanan yang di jual di warung-warung tersebut.Setelah sarapan,saya pipis di kamar mandi yang berada di dekat warung tempat saya makan tadi.Air nya dingin sekali.Setelah selesai pipis,kami langsung turun menuju tempat parkir  bis untuk mencari bis kami.Ternyata sudah banyak jama’ah yang sudah berada di bis nya masing-masing.Setelah semua sudah siap untuk berangkat lagi menuju makam Sunan Kudus,kami akhir nya berangkat.Alhamdulillah,kami sudah selesai bermunajat di makam Sunan Muria.


Perjalanan menuju makam Sunan Kudus tidak lama kami menempuhnya. Jarak antara makam Sunan Kudus dan makam Sunan Muria tidak terlalu jauh Setelah bis yang kami naiki sampai di terminal,kami langsung mencari angkutan kota untuk mengantarkan kami menuju makam Sunan Kudus.Kami tiba di makam Sunan Kudus kira-kira pukul 11.30 wib.Kami sholat jama’ ta’khir di masjid Kudus yang letaknya bersebelahan dengan makam Sunan Kudus.Makam Sunan Kudus terletak di belakang masjid Kudus atau masjid Menara Kudus.Di masjid Kudus terdapat menara yang usia nya sudah ratusan tahun.menara tersebut menjadi icon kota Kudus yang terkenal dengan Menara Kudus.Setelah semua jama’ah selesai sholat,kami semua langsung menuju makam Sunan Kudus yang letaknya di belakang masjid Kudus.Saya ngantuk sekali waktu berada di makam Sunan Kudus.Adem sekali rasanya berada di makam Sunan Kudus,makanya jadi ngantuk.Kami semua sangat khusu’ bermunajat di makam Sunan Kudus.Walau saya ngantuk sekali,tapi saya tetap bisa bermunajat di makam Sunan Kudus yang memang sangat adem rempatnya.
Setelah kami semua selesai bermunajat,kami langsung harus kembali melanjutkan perjalanan.Kami naik angkutan dari tempat makam Sunan Kudus ke tempat parkir bis.Ongkos naik angkutan murah sekali.Rp 2000 per orang.Jarak antara terminal bis dengan makam Sunan Muria juga tidak terlalu jauh.Maka kami cepat sampai di terminal lagi setelah kami dari makam Sunan Kudus.Setelah semua jama’ah sudah berkumpul di bis masing-masing,kami langsung meninggalkan Kudus untuk menuju makam Sunan Kalijogo di Kadilangu. Lihat postingan saya sebelumnya.

No comments:

Post a Comment